Cara Menulis Artikel Seo Friendly

Saya sering ditanya tentang cara menciptakan artikel yang seo friendly (SEO yang bersahabat) oleh teman-teman saya. Sudah bisa saya tebak, mereka ini pastilah pemain SEO pemula (Pemula maksud saya adalah orang yang baru memulai mendalami SEO dalam rentang waktu satu sampai dua tahun termasuk saya).
Ketika saya mendapatkan pertanyaan seperti ini maka jawaban saya tidak langsung ke jawaban teknis tapi lebih fokus kepada motivasi. Saya ingin mengajak si penanya untuk menulis dengan HATI (Hmm… kajiannya agak mendalam nih).
Saya serius! Kalau masalah teknis dasar SEO akan saya bagikan dibawah nanti. So, keep smile. Tapi baca dulu bagian ini sebentar!
HATI wadahnya HATI pula. Menulis dengan HATI akan dapat respon ganda. Karena kita akan lebih mengutamakan kualitas tulisan.
Tim google Indonesia telah berpesan kepada seluruh jagat internet negeri ini bahwa SEO itu penting tapi menaruh HATI anda dalam bisnis jauh lebih penting:
“Terlalu fokus pada perubahan tertentu untuk meraih peringkat pada hasil organik mesin telusur belum tentu memberikan hasil yang diinginkan. Pengoptimalan mesin telusur adalah tentang meletakkan kesan indah di awal dalam keterlihatan di mesin telusur, namun konsumen utamanya adalah pengguna Anda, bukan mesin telusur.”
Tim Google Indonesia telah meletakkan kutipan di atas pada paragraf pembuka file panduan SEO yang mereka rilis beberapa waktu lalu. Ini artinya masalah HATI itu nomor satu, tidak boleh diabaikan. Perhatikan kutipan yang saya garis bawahi: konsumen utamanya adalah pengguna Anda.
Karena yang membaca tulisan kita adalah manusia, maka kita harus mampu menarik hati mereka. Ketertarikan muncul bila kita menulis dengan HATI.
Menulis dengan HATI itu adalah menulis dengan jujur. Menulis apa adanya, menulis dengan gaya kita sendiri, tidak meniru-niru, tidak menjiplak tulisan orang lain. Sehingga tulisan kita berkarakter, khas kita,ingat kita punya gyaa tersendiri.
Walaupun ada banyak tulisan serupa tentang suatu tema di kerajaan mya, tapi pembaca hanya akan menautkan hati mereka kepada tulisan yang berkarakter, yang khas. Seperti banyak orang pintar berkata: uniqueness make interest, kekhasan akan mengundang ketertarikan.
Bila Anda menulis untuk berbagi dan berbagi dengan HATI maka pembaca akan melihat kehadiran Anda. Mereka akan merasa seolah sedang berdialog dengan Anda. Pembaca juga akan merasakan ketulusan anda. Ketika Anda menulis dengan tulus maka akan melahirkan ikatan personal yang kuat dengan pembaca.
Namun bila karakter Anda tidak hadir di dalam tulisan Anda, pembaca akan mudah bosan. Mereka akan segera meninggalkan tulisan anda.
Bila Anda telah menulis dengan HATI maka….. anda akan dapat untung besar. Anda akan dapat untung banyak “like” dari pembaca. Semakin banyak like semakin besar pula untung anda. Bila udah bagini, maka diri Anda, tulisan Anda dan bisnis Anda akan cepat ter “share” ke kerajaan maya.
Dan bila sudah begini maka tidak pakai rumus SEO pun juga tak apa. Karena orang akan datang ke situs/ blog Anda dengan sendirinya atas rekomendasi temannya. Inilah yang disebut sebagai efek viral alias lingkaran yang tak putus.

Yups, setelah Anda dapat menangkap pesan saya dalam tulisan ini. Semoga anda bisa menulis artikel yang bersahabat dengan manusia. Selanjutnya barulah Anda saya persilakan untuk dapat ilmu SEO. 
Sebarkan Tulisan Ini:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINGGALKAN SAJA

MOTIVASI MENULIS BAGI PEMULA