motivasi menulis buku

seperti yang saya bilang,all about menulis.
kali ini saya akan share tentang motivasi menulis gan :) diread betul-betul ya.jangan lupa comment nya dibuutuhkan juga


cekodot !

Hai, kawan...
Dengan Avriil Disini...
Kali ini, saya ingin berbagi pengalaman betapa kegiatan menulis itu tidak sesulit yang kita bayangkan...
Anda tidak memerlukan keahlian menulis secara khusus apalagi harus lahir dari keturunan penulis. Kita juga tidak butuh keahlian yang terlalu mendalam. Karena bila hanya untuk menulis kita harus belajar bertahun-tahun atau malah ngambil S.2 Sastra Indonesia, justru akan menyulitkan dan membuat seakan pekerjaan menulis adalah pekerjaan yang sangat sukar.
Padahal menulis itu sama dengan kita berbicara sehari-hari. Betapa banyak cerita dan obrolan yang telah kita bicarakan kepada orang lain seumur hidup. Dan itu adalah bahan menulis yang menarik.
Banyaknya keluhan orang akan sulitnya menulis buku lebih dikarenakan adanya keharusan untuk patuh pada aturan ini dan itu. Patuh kepada tata bahasa, EYD, dan lain-lain.
Padahal waktu kita bercerita atau ngobrol, kita tidak pernah memperhatikan tata bahasa atau EYD. Bahasa daerah pun jadi, betul ga?
Kalau kita mengharuskan diri kita bercerita atau ngobrol dengan banyak aturan tata bahasa, alangkah kakunya pergaulan kita. Berapa banyak obrolan yang harus kita edit dengan berkata, “Maaf salah...”.
Bila kita harus memperhatikan tata bahasa atau EYD dalam berbicara, alangkah sulitnya berbicara itu. Dan betapa sulitnya perkembangan seorang anak waktu belajar bicara karena mereka harus sekolah atau training bicara dulu di “sekolah berbicara”...
Begitu juga dalam dunia penulisan. Menulis itu sebenarnya mudah. Ia sama dengan berbicara...
Kesulitan dalam menulis itu lahir karena kita tidak melatih atau tidak dilatih untuk menulis dalam jumlah yang banyak.
2
Coba dari kecil kita dilatih untuk menulis seperti kita berbicara.... pastilah menulis itu bukanlah suatu yang sulit...
Inilah inti menjadi penulis profesional: Menulis yang banyak....
Percayalah pada diri anda ketika menulis seperti anda percaya pada diri anda ketika berbicara....
Mengenai kesulitan tata bahasa.... bisa anda pelajari sambil jalan...
Setelah anda mulai banyak menulis. Setalah anda mulai banyak membaca buku orang lain. Setelah anda mulai menyingkap pelajaran sastra dan bahasa Indonesia yang pernah anda pelajari di bangku sekolah...... maka dengan sendirinya kesulitan tata bahasa itu akan terangkat juga....
Namun anda harus memulai menulis dulu... mulai dari detik ini... bukan besok.... Anda harus memulainya sekarang dengan cara learning by doing... belajar sambil melakukan... Kalau sudah melakukan, maka anda akan belajar.
Jangan takut salah. Justru dalam kesalahan itulah anda akan banyak belajar...
Tetap semangat.....!!!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINGGALKAN SAJA

MOTIVASI MENULIS BAGI PEMULA